Kesepakatan Damai LSM Plantari vs BKD Kab Lahat

fiji telah dibaca : 23 kali

Lahat, 13 November 2017.

Bertempat di Kantor Bersama LSM Plantari, telah terjadi kesepakatan damai antara Badan Keuangan Daerah Kab Lahat dengan Ketua LSM Plantari. pihak BKD diwakili langsung oleh Bapak Niel Aldrin, SE, M. AP selaku sekretaris BKD sedangkan pihak LSM Plantari Langsung diterima oleh Saudara Sanderson Syafei selaku ketua LSM Plantari.

serah terima berkas ke plantari Senin 13 Nov 17 Pukul 10.15 WIB

Berawal dari Surat LSM Plantari Nomor:013/Plantari/IP/III/17 Tanggal 24 Maret 2017 Perihal Permohonan Data yang ditujukan kepada Kadis Kominfo Kabupaten Lahat selaku ketua PPID Induk Kabupaten cq. Kepala Badan Keuangan Daerah. Pada rincian surat ada 41 item permintaan data yang diminta oleh pihak LSM Plantari mulai dari tahun 2011 sampai dengan 2017. Karena permintaan data yang begitu banyak dan adanya kesibukan dalam pelayanan, maka pihak BKD belum mampu untuk memenuhi seuruh permintaan data dimaksud. Pihak LSM Plantari kembali mengirimkan surat ke BKD dengan surat Nomor:003//Plantari/PK/IV/17 tanggal 25 April 2017 Perihal Pengajuan Keberatan.

Sesuai dengan mekanisme yang diatur dalam UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, pengajuan keberatan ini masuk kedalam register sengketa di Komisi Informasi Provinsi Sumatera Selatan dengan Nomor:243/IX/KIProv.Sumsel-PS/2017 antara Pemohon LSM Plantari dengan Termohon Badan Keuangan Daerah Kab Lahat.

Tahapan demi tahapan sidang penyelesaian sengketa sudah dilalui oleh kedua belah pihak, mulai dari sidang pertama, mediasi, ajudikasi non legitasi dan sampai pada sidang mediasi lanjutan. Alhamdulillah pada sidang mediasi lanjutan, kedua belah pihak menyatakan sepakat dan damai. Pihak Pemohon menerima data data yang sudah secara maksimal disiapkan oleh pihak termohon. Pada Mediasi Lanjutan yang bertindak sebagai mediator adalah Bapak Drs. Muhammad Zaky Shahab (Mediator Utama) dari Komisi Informasi Provinsi Sumatera Selatan. Kesepakatan damai/mediasi tersebut akan dituangkan dalam dokumen perjanjian damai yang akan ditandatangani kedua belah pihak.

Suatu pembelajaran yang sangat berharga, implementasi undang-undang KIP mengharuskan instansi atau organisasi publik menyediakan dan memfasilitasiitasi informasi yang menjadi kebutuhan publik terkecuali informasi yang dikecualikan atau bersifat rahasia.


Rangkaian Peringatan Hari Pahlawan ke 71 Tahun 2017

Peresmian Kecamatan Mulak Sebingkai dan Kecamatan Lahat Selatan


Tinggalkan Komentar
0 Komentar :


Kontak Kami

   Badan Keuangan Daerah Kabupaten Lahat
Jalan Kolonel Barlian Kelurahan Bandar Agung Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selat
Telp    : (0731) 321003
Email  : setbkdlahat@gmail.com